Friday, August 16, 2013

Kernel Oil Dilarang Ikut Tender SKK Migas



TEMPO.CO, Jakarta – Kernel Oil Pte. Ltd., (KOPL) tak akan diikutsertakan dalam lelang penjualan minyak dan gas bumi bagian negara yang digelar Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Hal ini menyusul terungkapnya kasus suap dari petinggi KOPL Simon Gunawan untuk bekas Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).



“Setelah melihat daftar kami, Kernel adalah salah satu trader yang terdaftar, yang mana ke depan akan kami berhentikan sampai ada kejelasan dari proses hukum,” kata Pejabat Sementara Kepala SKK Migas Johanes Widjonarko dalam konferensi pers di Kantor SKK Migas, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2013.



Widjonarko mengatakan di SKK Migas, Kernel Oil hanya terdaftar sebagai perusahaan perdagangan minyak mentah dan kondensat. Di situs Kernel Oil, perusahaan yang bermarkas besar di Singapura ini menjual minyak mentah dan kondensat dari berbagai wilayah di Indonesia.



Minyak mentah yang dijual KOPL di antaranya adalah minyak dari Lapangan Duri dan Lapangan Minas di Riau, Lapangan Arjuna di lepas pantai Utara Jawa, dan Lapangan Cinta. Selain itu Kernel juga menjual kondensat dari Senipah yaitu produksi Blok Mahakam, Kalimantan Timur dan kondensat dari Bontang.



Meskipun terjadi suap, SKK Migas tetap akan melanjutkan rencana tender kondensat pada Senin, 19 Agustus 2013.”Jadwal lelang crude tetap berjalan. Sekitar 400.000 sampai 500.000 barel kondensat yang akan dilelang,” kata Widjonarko.



Sebelumnya, Deputi Pengendalian Komersial SKK Migas Widhyawan Prawiraatmadja ada lebih dari 40 perusahaan perdagangan minyak yang terdaftar di SKK Migas. Dalam sekali tender, biasanya diikuti oleh sekitar 10 perusahaan trader.



Harga minyak yang ditender mengacu kepada Indonesia Crude Price (ICP) yang berlaku saat tender karena tender tersebut terhitung pasar spot.



Kernel Oil terdaftar di SKK Migas sebagai trader peserta tender sejak 2010. Pada tahun lalu, Kernel Oil pernah memenangkan tender kondensat. Namun menurut Widjonarko pada tahun ini Kernel belum pernah memenangkan tender.



BERNADETTE CHRISTINA


Topik terhangat:


Suap SKK Migas | Sisca Yofie | Rusuh Mesir | Arus Balik Lebaran




Terpopuler:


Hal Paling Ganjil Sebelum Sisca Yofie Tewas 


Penyebab Kasus Rudi Rubiandini Versi Jusuf Kalla 


SBY Pidato Kenegaraan dan RAPBN 2014


Ini Komentar Ketua PPATK M. Yusuf Soal Suap Migas 


Saksi: Sisca Yofie Diseret dengan Tangan  










Kernel Oil Dilarang Ikut Tender SKK Migas

No comments:

Post a Comment