Wednesday, August 21, 2013

Indonesia Bidik Pasar Korea Selatan untuk Produk Makanan Olahan



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam meningkatkan ekspor, para pelaku usaha harus memiliki kepekaan terhadap selera pasar yang sangat dipengaruhi oleh gaya hidup, ekonomi, sosial, dan budaya. Penguasaan dan pemanfaatan teknologi untuk menghasilkan produk yang berkualitas juga sangat diperlukan untuk memperbesar kemungkinan produk tersebut diterima oleh konsumen global.


Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Gusmardi Bustami dalam keterangan tertulisnya mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan penetrasi dan diversifikasi ke pasar-pasar di Asia termasuk Korea, Eropa,
Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, serta Australia-Oceania.


“Republik Korea merupakan salah satu negera tujuan ekspor utama bagi produk-produk Indonesia yang telah memiliki skema kesepakatan dalam bentuk ASEAN-Korea FTA. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, nilai ekspor Indonesia selama lima tahun terakhir meningkat dari USD 137 miliar pada tahun 2008 menjadi USD 190 miliar pada tahun 2012, dengan tren 12,88 persen. Sementara, hingga Juni 2013, nilai ekspor Indonesia sudah mencapai USD 91 miliar, dengan 10 negara terbesar tujuan ekspor yaitu China, Jepang, Amerika Serikat, India, Singapura, Malaysia, Republik Korea, Thailand, Belanda dan Taiwan,” ujarnya.


Khusus untuk produk makanan olahan, nilai ekspor Indonesia ke dunia terus mengalami peningkatan dengan tren pertumbuhan sebesar 15,59%. Begitu pula dengan nilai ekspor makanan Indonesia ke Korea juga mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2008 hanya mencapai nilai USD 36,7 juta, sedangkan pada tahun 2012 meningkat menjadi USD 66,2 juta atau dalam periode 5 (lima) tahun telah terjadi peningkatan sebesar 80,4%.




Baca Juga:


Harga Makanan Olahan Naik 5 Persen, Omzet Pedagang Turun 20 Persen


Si Bayi Mulai Kenal Makanan Padat, Ayu Dewi Bingung Bikinkan Menu Santapan


Rupiah Lunglai, Ekspor Barang Kerajinan Tuai Keuntungan





Indonesia Bidik Pasar Korea Selatan untuk Produk Makanan Olahan

No comments:

Post a Comment