Wednesday, June 12, 2013

XL Tuntaskan Modernisasi Jaringan November 2013



Jakarta (ANTARA) – Operator seluler PT XL Axiata Tbk menargetkan modernisasi jaringan seluruh BTS rampung pada November 2013.


“Semua BTS milik XL baik 2G dan 3G menjadi single RAN pada November 2013. Saat ini modernisasi tinggal di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta,” kata VP Project Management Office XL Agus Simorangkir, di Jakarta, Rabu.


Menurut Agus, dengan rampungnya modernisasi jaringan tersebut maka kapasitas dan kecepatan akses layanan data XL akan semakin kencang.


Modernisasi jaringan membuat kecepatan akses 2G yang tadinya di bawah 100 Kbps menjadi up to 1 Mbps, sementara kecepatan akses 3G XL saat ini sudah mencapai 42 Mbps.


Ia menuturkan, sejak 2011 XL mengganti total 5,000 unit base transceiver station (BTS) sekaligus menambah 8,000 BTS tahun 2013 setelah pada tahun 2012 menambah sekitar 11.000 BTS.


Dengan demikian total BTS 2G dan 3G XL pada akhir 2013 diperkirakan mencapai sekitar 50.000 unit. XL masih tetap memakai BTS 2G sejalan dengan masih tumbuhnya pelanggan pengguna 2G.


pada 2012 dari 11.000 BTS tambahan sebanyak 70 persen di antaranya 3G, sisanya 2G, tapi ke depan porsinya ditingkatkan menjadi 50:50.


Ia menambahkan, modernisasi jaringna XL tidak hanya dilakukan pada BTS tetapi juga pada jaringan kabel optik.”Bicara data adalah bicara bandwith, maka transmisi menjadi hal yang penting,” ujarnya.


Menurutnya dengan modernisasi jaringan tersebut tidak hanya menguntungkan pelanggan karena dapat menikmati akses jaringan dengan kecepatan tinggi, tetapi juga dapat mengurangi energi hingga 70 persen.


“Biaya pengurangan energi XL bisa turun hingga 70 persen. Ini sejalan dengan semangat mengurangi penggunaan energi dalam rangka menuju Millennium Development Goals (MDGs),” ujarnya.


Meski demikian Agus tidak merinci lebih lanjut investasi yang digelontorkan perusahaan untuk merampungkan modernisasi jaringan tersebut.


Ia hanya menjelaskan, dana investasi merupakan bagian dari belanja modal (capex) XL 2013 yang mencapai Rp8 triliun-Rp9 triliun.


Adapun modernisasi jaringan XL dikerjakan Ericsson yang meliputi wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY. Sedangkan untuk wilayah lainnya meliputi Sumatera, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Bagian Timur lainnya. (ar)





XL Tuntaskan Modernisasi Jaringan November 2013

No comments:

Post a Comment