<!–TITOL:

Apakah Data Ekonomi Pekan ini Akan Bebaskan EUR/USD dari Kisaran?


FITITOL–>


FXstreet.web.id – EUR/USD selesaikan hari menguat tajam, pada satu titik diperdagangkan sepanjang jalan hingga 1,3107 sebelum bergerak lebih rendah dalam sehari untuk menutup hari naik 76 poin di 1,3070. Beberapa analis menunjuk ke arah data ISM AS yang lebih lemah dari yang diharapkan karena katalis utama untuk pergerakan bullish untuk pasangan ini. Data ekonomi yang keluar dari AS akan melambat sedikit dalam beberapa hari ke depan, tapi volatilitas tertentu untuk meningkat saat kita mendekati Keputusan Suku Bunga ECB hari Kamis, juga angka Upah Non-Pertanian yang keluar dari AS pada hari Jumat.

Menurut Sean Callow di Westpac, “Dolar AS terpukul secara keseluruhan karena secara mengejutkan survei manufaktur ISM lemah dan pengeluaran konstruksi menunjukkan Fed tidak akan mengubah kebijakan dalam waktu dekat. Indeks dolar jatuh -0,9%. Komponen utama EUR telah sangat dekat dengan terendah sesi London di 1,2956 ketika data menyentuh layar, memicu pemantulan ke 1,3035. Gelombang berikutnya untuk aksi jual USD menghasilkan tertinggi sesi NY di 1,3108, poin terkuatnya sejak 9 Mei.”


Callow melanjutkan komentar, “melihat rincian data, Indeks manufaktur ISM AS mengejutkan ke sisi negatifnya, jatuh kembali di bawah 50 untuk pertama kalinya sejak November lalu. Berita utama merosot ke 49 di Mei dari 50,7 versus ekspektasi pasar kenaikan ke 51,0. Rinciannya terlalu lemah dengan kelemahan di pesanan baru (48,8 dari 52,3) dan produksi (48,6 dari 53,5) meskipun indeks sub-tenaga kerja relatif stabil di 50,1 dari 50,2.”


Analis lain menunjuk kenaikan di IMP Eropa yang keluar sedikit lebih tinggi dari estimasi (meskipun masih di bawah 50). Selain itu, saat ini mendekati Keputusan Suku Bunga ECB pekan ini, penting untuk mencatat komentar terbaru dari Presiden ECB Mario Draghi.


Menurut Kathy Lien di BK Asset Management “mungkin pasangan ini sedang berubah dengan data Eropa membaik dan data AS memburuk. Sebagaimana telah kita lihat dalam angka IMP manufaktur Zonaeuro, prospek untuk Eropa cerah. Sektor manufaktur tidak kontraksi sebanyak yang dilaporkan di awal di bulan Mei. Indeks direvisi naik dari 48,8 ke 48,3 tertinggi 14 bulan dengan perbaikan terlihat di Jerman dan Perancis.


Dia melanjutkan, “pada hari Senin, kami mendengar beberapa komentar optimis dari Presiden ECB Draghi yang kemudian dikonfirmasikan oleh laporan IMP. Dia mengatakan, ada “beberapa tanda kemungkinan stabilisasi” di Zonaeuro dan mereka mengharapkan “pemulihan yang sangat bertahap” akhir tahun ini. Dengan bank sentral bersiap-siap untuk pertemuan minggu ini, komentar-komentar ini bisa menjadi cara Draghi mengatur harapan untuk pandangan yang lebih moderat dan kurang pesimis pada hari Kamis.”


Dari sudut pandang teknikal, grafik harian masih berada dalam kisaran antara 1,3250 dan 1,2800. MA jangka pendek dan RSI (14) masih dalam wilayah netral karena kedua sisi tidak dapat memberikan aliran besar untuk mempertahankan tren yang lebih jelas. Perlu dicatat RSI (14) sekali lagi mendekati level resisten penting dekat 60 pada grafik harian, yang pasangan ini belum mampu mengambil dan mendekati sejak penurunan dibawahnya sejak awal Februari. Resisten awal di 1,3108 (DMA 100), diikuti oleh 1,3160 (candle penawaran pada grafik mingguan). Support pertama di 1,3037 (DMA 200), diikuti oleh 1,2973 (DMA 9). Sampai kedua sisi mengambil bagian atas atau ujung bawah dari perdagangan kisaran yang tadi disebutkan di atas, mengharapkan kondisi akan tetap berombak.


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **