Saturday, June 8, 2013

Alfamart Kembangkan Sistem Online



TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Kehadiran teknologi industri (TI) bisa menjadi pendukung dan penopang perekonomian, termasuk dunia usaha. Dasar itu pula yang membuat PT Sumber Alfaria Trijaya alias Alfamart, melakukan inovasi guna mendongkrak kinerjanya.


“Data menunjukkan bahwa setiap tahunnya, pengguna internet terus bertambah,” kata Bambang Setiawan Djojo, Direktur TI PT Sumber Alfaria Trijaya, pada pengoperasian Alfaonline.com wilayah Bandung, di Jalan Dago Pakar Bandung, Jumat (7/6/2013).


Bambang mengatakan, pada 2011 jumlah pengguna internet di negara ini sekitar 55 juta orang. Tahun berikutnya tumbuh menjadi sekitar 63 juta orang. “Perkiraannya, tahun ini naik lagi melebihi 70 juta orang,” ujar Bambang.


Menurutnya, pertumbuhan pengguna ineternet merupakan peluang bisnis yang sebaiknya dimanfaatkan secara optimal. Karenanya itu, kata Bambang, Alfamart mengoperasikan sistem belanja online.


Bambang mengatakan, sebenarnya pihaknya mengoperasikan sistem online pada Februari 2013. Namun saat itu masih terbatas di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Kini sistem itu juga diterapkan di Bandung.


Setelah Bandung, kata Bambang, pihaknya siap menambah jaringan sistem online ke kota-kota besar lainnya, misalnya, Semarang dan Surabaya. Dia menerangkan, pemanfaatan sistem ini karena adanya perubahan gaya hidup, terutama dalam hal belanja. Menurutnya, sistem belanja online terus tumbuh.


Bambang berharap, sistem ini dapat semakin memudahkan konsumen. Konsumen cukup mendaftar pada Alfaonline.com. Setelah itu konsumen dapat melakukan pembelian.


Menurut Bambang, tiap toko Alfamart menjadi point service. Artinya setelah melakukan pemesanan, konsumen dapat mengambil pesanannya secara langsung pada outlet atau toko terdekat.


Sistem transaksinya, kata Bambang, pihaknya menggandeng dua lembaga perbankan, yaitu PT Bank Mandiri Tbk melalui Mandiri Click Pay, dan PT Bank Cemtral Asia (BCA) melalui BCA Klikpay. “Kami pun bekerja sama dengan PT Telkomsel dan PT XL Axiata. Bentuknya, T-Cash dan XL Tunai,” ujarnya.


Selain elektronik, kata Bambang, konsumen pun dapat melakukan pembayaran secara manual. Caranya, jika melalui delivery order, konsumen membayar produk yang dibelinya ketika pesanan tiba. (win)


Baca Juga:



  • Alfamart Luncurkan Hello Kitty Shopping Village




Alfamart Kembangkan Sistem Online

No comments:

Post a Comment