Wednesday, June 5, 2013

Carrefour Sumbang Sayur dan Buah Tak Layak Jual untuk Pakan Satwa




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wujud kepedulian PT Trans Retail Indonesia terhadap lingkungan dan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Carrefour  melaksanakan Wildlife Rescue Center atau Pusat Penyelamatan Satwa Jogya (PPSJ) di Pahingan, Sendangsari Pengasih, Kulonprogo, DI Yogyakarta,  Rabu (5/6/2013).


Peringatan ini  bertepatan dengan peluncuranprogram pilot Sedekah Buah, kerjasama Carrefour dengan Yayasan Konservasi Alam Yogya (YKAY).


Turut hadir dalam perhelatan tersebut adalah Asisten Gubernur DIY  bidang Pembangunan, Wakil Bupati Kulonprogo, Kepala BPLH Daerah Istimewa Yogyakarta, Ketua Harian Yayasan
Konservasi Alam Yogya, Manager Pusat Penyelamatan Satwa Jogya,  Teritory Director  PT Trans Retail Indonesia.


“Program pilot Sedekah Buah ini sendiri adalah program dimana Carrefour setiap harinya akan
menyumbangkan sayur dan buah tidak layak jual kepada YKAY, untuk kemudian digunakan sebagai pakan satwa langka dan dilindungi,” ,” ujar Hendrik Adrianto,  Head of External Communications & CSR  PT Trans Retail
Indonesia.


YKAY sendiri merupakan sebuah lembaga konservasi yang mendapatkan izin dari Kementerian Kehutanan untuk mengelola lahan seluas 14 hektar dengan 168 ekor hewan langka dan dilindungi, seperti orangutan, siamang, beruang madu hingga berbagai jenis burung serta reptilia di Pahingan, Kulonprogo


Selain seremoni peluncuran dan penandatanganan Perjanjian Kerjasama program pilot Sedekah Buah antara Carrefour dan YKAY, juga dilaksanakan kompetisi pembuatan poster oleh 100 anak sekolah dengan tema “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi untuk Selamatkan Lingkungan”, yang merupakan tema Hari
Lingkungan Hidup Sedunia 2013.


Anak-anak sekolah ini sendiri berasal dari sekolah-sekolah yang ikut serta di dalam program  Go Green School , yang merupakan program yang didukung oleh Carrefour dan Secercah Harapan Indonesia (Shind), LSM yang bergerak di bidang pendidikan lingkungan di Yogyakarta.


“Sebagai sebuah lembaga yang memiliki program di bidang konservasi, penyelamatan dan rehabilitasi satwa yang dilindungi, kami sangat menyambut baik peluncuran program pilot Sedekah Buah yang diinisiasi oleh Carrefour,” katanya.


Dengan mendonasikan sayur dan buah tidak layak jual untuk pakan satwa di  Wildlife Rescue
Center yang kami kelola, Carrefour telah menunjukkan perannya sebagai salah satu pelopor terdepan bisnis ritel yang ramah lingkungan.


“Semoga Carrefour senantiasa mengedepankan prinsip-prinsip ramah lingkungan dan keberlanjutan dalam operasi bisnisnya,” ujar GKR Pembayun, Ketua Dewan Pembina Yayasan Konservasi Alam Yogya.


RM. Adji Srihandoyo,  Corporate Affairs Director , PT Trans Retail Indonesia menyatakan peluncuran  program pilot Sedekah Buah yang bertepatan dengan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini merupakan bentuk aksi nyata Carrefour dalam menjalankan operasi bisnis yang ramah lingkungan.


“Sebagai perusahaan ritel pertama yang menjalankan program seperti ini di Indonesia, harapannya Carrefour bisa turut mendukung penyelamatan satwa langka dan dilindungi, dengan pemanfaatan sayur dan buah  tidak layak jual namun layak konsumsi, yang biasanya hanya akan menjadi sampah dan membebani lingkungan,” katanya. (Eko Sutriyanto)


Baca Juga:



  • Program CSR Carrefour di Peringatan May Day




Carrefour Sumbang Sayur dan Buah Tak Layak Jual untuk Pakan Satwa

No comments:

Post a Comment