Sunday, June 2, 2013

Tamu Hotel Dilindungi Asuransi



TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG -  Badan Pengurus Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar dan PT Jasaraharja Putera menjalin kerja sama untuk pemberian asuransi kecelakaan bagi para tamu hotel dan restoran.


Menurut Ketua BPD PHRI Jabar, Herman Muchtar kerja sama dengan PT Jasaraharja Putera tersebut terjalin sejak Januari 2013. Hal itu tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) BPD PHRI Jabar-PT Jasaraharja Putra nomor 10/PHRI-JBR/I/2013.


“Tujuannya, memberikan kepastian perlindungan bagi para tamu hotel dan restoran di Jabar,” kata pria asal Jambi tersebut.di sela-sela acaraa Rapat Kerja Cabang BPR PHRI Kota bandung, akhir pekan lalu.


Dikatakan Herman,  para peserta yang terjalin dalam kerja sama itu berlangsung atas nama masing-masing manajemen. Setiap tamu, merogoh koceknya sebesar Rp 1.000 per orang saat check in sebagai premi.


Sementara Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) PT Jasaraharja Jabar, Deddy Sudradjat,  menejaskan, program asuransi bagi para tamu hotel dan restoran baru diikuti sejumlah hotel di Jabar. Kendati begitu, Jasaraharja tetap perlu menyosialisasikannya kepada para pelaku usaha hotel di daerah lainnya.


Menurut Deddy, pembayaran premi sebesar Rp 1.000 per tamu itu mencakup santunan kecelakaan yang berakibat meninggal dunia senilai Rp 20 juta, cacat tetap Rp 20 juta, biaya perawatan hingga Rp 10 juta, dan ambulan sejumlah Rp 500 ribu. “Kami pun siap untuk membayarkan klaim kerugian barang. Maksimalnya Rp 2 juta,” kata Deddy.


Bahkan, ujar Deddy, covering  bagi para tamu hotel dan restoran itu tidak hanya saat yang bersangkutan berada di lingkungan hotel. Akan tetapi, berlaku saat para tamu bepergian ke luar hotel. “Itu karena mereka masih tercatat sebagai tamu hotel. Intinya, perlindungan itu berlaku sejak check in sampai check out,” tegasnya.


Saat ini kerja sama antara Jasaraharja Putera dan perhotelan, di Jabar, berlangsung di kawasan Pangandaran Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Bogor. (Erwin)


Baca Juga:



  • AAJI Gelar Penghargaan Industri Asuransi Jiwa




Tamu Hotel Dilindungi Asuransi

No comments:

Post a Comment