Monday, June 30, 2014

Mahasiswa Punya Uang Lebih, Sebaiknya Dipakai Untuk Apa?



Jakarta -Pertanyaan dari pembaca: Saya seorang mahasiswa dari daerah dan sekarang kuliah di Jakarta. Saya dikirimkan uang dari orang tua Rp 3-5 juta sebulan.

Saya ingin sekali mensisihkan uang tersebut untuk beli keperluan kuliah seperti laptop dan juga ingin ada tabungan yang bisa saya gunakan nantinya. Kenyataannya sering uang tersebut tidak bersisa tiap bulannya.


Adakah saran untuk perencanaan keuangan bagi saya. Bagaimana cara merencanakan keuangan yang bagi saya seorang mahasiswa dengan keinginan beli perlengkapan seperti gadget atau laptop tapi ingin menyisihkan uang untuk simpanan/investasi juga keperluan pendidikan mendatang.


Terima kasih.


Jawaban:
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami salut atas keinginan Anda yang masih mahasiswa untuk sadar merencanakan keuangan.


Dari pertanyaan Anda ada dua tujuan yang ingin dicapai: yaitu memiliki tabungan dan laptop. Dalam perencanaan keuangan, tujuan keuangan memiliki 2 komponen yang harus didefinisikan: kapan (berapa lama ingin tercapai) dan target dananya.


Misalnya, ingin mempunyai tabungan minimal Rp 3 juta dalam waktu 5 bulan, atau ingin membeli laptop merk X dengan harga Rp 5 juta dalam waktu 10 bulan. Dengan merumuskan jangka waktu dan target dana, akan lebih mudah untuk menghitung kapan Anda bisa mencapainya. Next



(ang/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Mahasiswa Punya Uang Lebih, Sebaiknya Dipakai Untuk Apa?

No comments:

Post a Comment