Monday, June 30, 2014

Ini Nilai Transaksi Dolas AS di Tanjung Priok



Jakarta -Penggunaan valuta asing (valas) seperti dolar Amerika Serikat (AS) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, masih terjadi sampai sekarang. Berapa besar kira-kira transaksinya?

Berdasarkan informasi yang diterima detikFinance, untuk satu dermaga setiap harinya bisa menerima bongkar muat 1.000 peti kemas. Bila dikalikan dengan tarif Container Handling Charge (CHC) sebesar US$ 83 per peti kemas, maka setara dengan US$ 83.000 atau lebih dari Rp 830 juta per hari.


Total dermaga yang ada di pelabuhan saat ini adalah sembilan dermaga. Sehingga ada sekitar US$ 747.000 transaksi dengan penggunaan dolar di pelabuhan. Dalam sebulan bisa mencapai US$ 22,4 juta dan setahun US$ 268,8 juta. Jika dirupiahkan, dalam sebulan bisa lebih dari Rp 224 miliar dan setahun hampir Rp 3 triliun.


Tentunya angka tersebut hanya merupakan hitungan kasar. Bisa saja setiap harinya peti kemas yang dilayani mencapai 2.000 bahkan 5.000.


Sekretaris Perusahaan PT Pelindo II, Rima Novianti mengakui tingginya transaksi seiring dengan aktivitas ekspor impor yang juga tinggi. Terus meningkatnya barang yang masuk dan keluar bisa menjadi acuan transaksi di pelabuhan.


“Jadi perdagangan yang tinggi membuat nilai transaksinya juga tinggi,” kata Rima kepada detikFinance, Selasa (1/7/2014).


Sementara itu Ketua Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI) Toto Dirgantoro menambahkan dengan transaksi sebesar itu, artinya telah menguras devisa negara. Ini tentu menjadi perseden buruk di tengah perlambatan ekonomi dan pelemahan rupiah yang sedang terjadi.


Ia bahkan mencatat, bila semua pelabuhan di dalam negeri menggunakan rupiah, maka ada sekitar US$ 600 juta devisa yang dapat dihemat per tahun. Tentunya berpeluang untuk menguatkan nilai tukar rupiah.


“Saya mencatat harusnya US$ 600 juta devisa negara bisa dihemat,” kata Toto kepada detikFinance.



(mkl/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Ini Nilai Transaksi Dolas AS di Tanjung Priok

No comments:

Post a Comment