Sunday, June 29, 2014

Ini Hubungan Olahraga dengan Bursa Saham



Jakarta -Naik turunnya pasar saham satu negara bisa ditentukan oleh banyak faktor. Penelitian menyebutkan, pasar saham ternyata bisa dipengaruhi oleh pertandingan olahraga. Pertandingan olahraga tak hanya berpengaruh pada penggemarnya saja, tapi punya dampak yang lebih jauh dari itu.

Alex Edmans, peneliti dari London Business Schol mengatakan, emosi di sekeliing olahraga di suatu negara bisa menggerakan pasar saham. Dia mengatakan efeknya sudah terlihat di Piala Dunia 2014. Saat Inggris kalah oleh Italia, dan saat Belanda membantai Spanyol.


“Penelitian kami menunjukkan pasar dipengaruhi oleh faktor psikologis dan emosi dibanding faktor fundamental,” kata Edmans dikutip dari BBC, Minggu (29/6/2014).


Dia dan rekannya, Diego Garcia dan Oyvind Norli melakukan penelitian ke 2.600 pertandingan olahraga, 1.100 di antaranya pertandingan sepakbola, dan 1.500 pertandingan olahraga lainnya di 39 negara, dan efeknya terhadap pasar saham.


Hasilnya, menurut Edmans, penelitiannya menemukan ada efek yang lebih besar di negara yang memiliki sejarah besar sepakbola seperti Brasil, Argentina, Inggris, Jerman, dan Perancis.


“Di India, hal ini terjadi juga pada olahraga kriket jika timnya kalah,” katanya.


Seperti halnya Piala Dunia, mereka juga melihat hal ini terjadi di Copa America, Piala Eropa, juga di turnamen rugby, basket dan suatu hari kriket.Next



(zul/hds)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Ini Hubungan Olahraga dengan Bursa Saham

No comments:

Post a Comment