Friday, January 30, 2015

RI Terus Jajaki Peluang Bisnis di Sektor Maritim Dengan Polandia



Warsawa -Indonesia dan Polandia terus meningkatkan kerjasama ekonominya. Bahkan secara khusus Polandia menetapkan Indonesia sebagai salah satu negara yang menjadi prioritas pengembangan ekspornya.

Dubes Peter F. Gontha didampingi Fungsi Ekonomi KBRI Warsawa dalam pertemuannya dengan Wakil Perdana Menteri yang juga merangkap sebagai Menteri Ekonomi Janusz Piechocinski pada Jumat (29/1/2015).


Gontha mengatakan, kedua negara sepakat untuk dapat lebih meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia saat ini untuk lebih meningkatkan diplomasi ekonomi, terutama di sektor maritim dan kelautan.


Apalagi bagi Indonesia, Polandia adalah “Jantung Eropa” yang posisinya sangat stategis untuk menjadi salah satu pintu masuk ekspor Indonesia di Eropa Utara, Tengah, dan Timur serta di negara-negara Skandinavia dan Baltik.


Polandia juga memiliki keunggulan dalam industri galangan kapal dapat menjadi mitra strategis bagi Indonesia dalam revitalisasi, modernisasi dan pengembangan industri galangan kapal di Indonesia.


Gontha mengatakan, Polandia dan Indonesia dapat menjalin kerjasama di bidang shipbuilding, sekolah tinggi teknik dan pelayaran, energy, bioteknologi, pariwisata, research and development, dan pertambangan yang saat ini belum dimanfaatkan.


Wakil Perdana Menteri yang juga merangkap sebagai Menteri Ekonomi Janusz Piechocinski mengungkapkan, pihaknya juga ingin memperluas pasar ekspor di Asia. Kementerian Ekonomi Polandia telah menetapkan Indonesia sebagai salah satu dari 11 negara prioritas pembangunan ekspor.Next



(rrd/rrd)






RI Terus Jajaki Peluang Bisnis di Sektor Maritim Dengan Polandia

No comments:

Post a Comment