Friday, January 30, 2015

Pertamina dan PLN Bahas Harga Jual BBM, 2 Menteri Ini Ikutan



Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, dan Direktur Utama PLN (Persero) Sofyan Basir bertemu Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro di kantor Kemenkeu, Jakarta.

Rapat yang dimulai pukul 16.00 WIB, berlangsung tertutup dan berakhir sekitar pukul 18.00 WIB. Apa yang dibahas dalam rapat tersebut?


Menkeu Bambang mengatakan pertemuan yang baru saja digelar membahas soal harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Pertamina ke PLN. “Bahas harga jual BBM dari Pertamina ke PLN,” kata Bambang saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (30/1/2015).


Sementara itu Menteri Rini mengatakan, pertemuan kali ini membahas soal jual beli BBM antara Pertamina dan PLN. Namun, Rini enggan merinci pasti detil pembicaraannya.


“Membahas BBM, jual beli PLN dengan Pertamina. PLN beli sama Pertamina. Lengkapnya tanya Pak Dwi saja ya,” ucap Rini.


Di tempat yang sama, Sofyan pun hanya menanggapi singkat pertanyaan para media. Sofyan mengungkapkan, pihaknya hanya mendiskusikan soal konversi pembangkit listrik dari sumber BBM ke batu bara untuk wilayah Sumatera.


Pengalihan sumber energi untuk pembangkit ini dinilainya akan banyak menghemat anggaran. Namun Sofyan belum mau menyebutkan rinci tujuan dari pembahasan tersebut.


“Ngasih tahu volume BBM mau dikurangin mau diganti batu bara. Nanti lagi dibahas. Jadi kita kasih tahu peralihan dari BBM ke batu bara untuk di Sumatera, pengeluaran lebih hemat, baru mau, ini untuk efisiensi tahun ini. Bisa menghemat lumayan besar,” tandasnya.


Jauh sebelumnya, antara Pertamina dan PLN sempat tak sepakat soal harga pembelian solar periode Januari 2013 sampai semester I-2014. Masalah ini sudah pernah menjadi kajian Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).


Hasil hitungan BPKP atas kewajaran harga solar dari Pertamina antara 112% sampai 117% MoPS (Mean of Plats Singapore). Sedangkan PLN tetap meminta 105% MoPS dengan dasar perhitungan subsidi dari pemerintah.


(drk/hen)






Pertamina dan PLN Bahas Harga Jual BBM, 2 Menteri Ini Ikutan

No comments:

Post a Comment