Friday, January 30, 2015

Jokowi: Ada yang Main Pupuk dan Benih, Saya Minta Polda Ambil Itu Orang



Ngawi -Pemerintah pimpinan Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan subsidi pupuk dan benih kepada petani. Namun dalam pengadaanya pemerintah tidak melakukan lelang tapi menunjuk langsung BUMN. Jokowi tidak ingin lagi ada penyelewengan.

“Awas! kalau main-main dengan hal yang berkaitan dengan pertanian dan petani khususnya pupuk dan benih juga bagi distributor saya akan minta Polda diambil itu orang. Jadi ini bukan urusan main-main tetapi urusan Indonesia harus swasembada pangan,” tegas Jokowi di tengah persawahan Desa Keraswetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (31/1/2015).


Jokowi mengatakan, selama ini penyaluran pupuk dan benih subsidi selalu telat dan tidak tepat sasaran. Karena itu, di masa pemerintahannya tidak ada lagi pengadaan lelang pupuk dan benih. Pemerintah melakukan penunjukan langsung kepada BUMN.


“Lalu masalah pupuk dan masalah benih problem kita besar di situ karena pengadaan lelang. Padinya panen pupuknya baru datang, lagi dicari nggak ada. Disampaikan ke Mentan tidak usah lelang khusus bagi petani jadi tidak usah lelang agar petani bisa tanam cepat,” ungkapnya.


Ia menambahkan, berdasar data yang didapatnya, selama ini penyerapan benih subsidi hanya 20%, sementara pupuk hanya 1/8 dari yang telah dialokasikan di APBN.


“Saya tiap hari bicara dengan petani masa nggak ngerti,” kata Jokowi.


Namun Jokowi menyadari, penyaluran pupuk dan benih subsidi untuk 17.000 pulau di seluruh Indonesia, butuh kerja keras, sehingga pelayanannya merata, dan barangnya bisa dengan mudah didapatkan petani.


“Lalu bendungan juga, saya akan bangun 49, irigasi 52% rusak. Pompa airnya kita adakan, petaninya harus yang rajin. Terutama di Jatim rajin-rajin khususnya di Ngawi rajin-rajin. Kita harus lebih bisa menjadi tempat pangan tidak hanya beras, gula dan kedelai tetapi semuanya. Kita harapkan nanti di luar juga bergantung kepada kita karena siap berproduksi,” tutup Jokowi.



(rrd/dnl)






Jokowi: Ada yang Main Pupuk dan Benih, Saya Minta Polda Ambil Itu Orang

No comments:

Post a Comment