Friday, January 30, 2015

Jokowi Minta Produksi Pangan naik, Petani: Siap Pak!



Ngawi -Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membagikan gratis 852 traktor ke petani di Jawa Timur. Ia ingin, produksi para petani segera naik, sehingga dalam 3 tahun Indonesia bisa swasembada pangan.

“Saya senang sekali hari ini ada di Ngawi. Kami akan membagikan bantuan sebanyak 852 traktor dan 377 pompa air. Di tempat yang lain kita ingin bagi-bagi terus,” ujar Jokowi di tengah sawah, Desa Keraswetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (31/1/2015).


Jokowi ingin, dengan dibaginya traktor dan pompa air gratis ke para petani ini dapat meningkatkan produksi, sehingga dalam 3 tahun lagi Indonesia swasembada pangan.


“Tujuan kita, 3 tahun harus swasembada. Perkiraan saya 2 tahun sudah swasembada. Nanti saya minta produksinya harus naik, jangan turun,” kata Jokowi.


“Siap Pak!” jawab ratusan petani.


Jokowi berharap, dengan dibaginya traktor dan pompa air ini, para petani makin semangat sehingga dapat meningkatkan produksi pangan seperti padi, jagung, kedelai hingga gula.


“Yang rajin ya. Pokoknya tahun ini harus ada tambahan 2 juta ton (beras) dari Jatim. Setelah ini, nanti akan dibagi lagi di Jawa Timur per kabupaten, tapi awas! kalau tidak tercapai 2 juta ton/tahun. Ini juga tanggung jawab petani semua, kita nggak mau impor lagi beras, impor gula, impor kedelai, tidak lagi,” tegas Jokowi.


Pembagian traktor gratis ini, Jokowi tidak datang sendiri, datang sekitar pukul 09.30 WIB, Jokowi tiba di lokasi dengan didampingi istri yaitu Iriana. Hadir juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.


Saat tiba di lokasi, puluhan petani mengerubungi Jokowi untuk berebut salaman dengan pemimpin negara itu.


(wij/rrd)






Jokowi Minta Produksi Pangan naik, Petani: Siap Pak!

No comments:

Post a Comment