Sunday, February 23, 2014

RI Masih Punya Potensi Cadangan Minyak Baru 43,7 Miliar Barel



Jakarta -Cadangan minyak terbukti yang dimiliki Indonesia saat ini hanya mencapai 4 miliar barel, jika produksi minyak saat ini rata-rata 800.000 barel per hari, maka cadangan terbukti tersebut habis 10 tahun lagi.

Namun Indonesia masih punya potensi cadangan baru yang mencapai 43,7 miliar barel namun masih harus butuh pembuktian dengan eksplorasi.


Seketaris Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Gde Pradyana mengatakan, 4 miliar barel diperkirakan habis 10 tahun lagi, tapi pertanyaanya apakah 10 tahun lagi Indonesia tidak punya minyak lagi?


“Jawabannya bisa iya, itu kalau sejak dari sekarang kita diam saja, tidak melakukan eksplorasi mencari cadangan minyak baru, apalagi investasi mencari minyak hari ini, hasilnya baru bisa dirasakan 4-5 tahun yang akan datang,” ujar Gde dalam paparannya seperti dikutip detikFinance, Minggu (23/2/2014).


Gde mengatakan, Indonesia saat ini diperkirakan memiliki potensi cadangan minyak baru sebesar 43,7 miliar barel. Namun potensi tersebut harus dibuktikan menjadi cadangan terbukti, caranya dengan eksplorasi minyak dan melakukan EOR (Enhanced Oil Recovery).


Dengan EOR dapat dimanfaatkan potensi OOIP (original Oil In Place) yang sebesar 43,7 Miliar Barel untuk diubah sebagian menjadi cadangan terbukti. Alasannya dengan teknologi EOR akan lebih banyak minyak yang tersedot dari perut bumi.


“Bila 5%-10% saja dapat dimanfaatkan, maka akan ada penambahan cadangan sebesar 4 miliar barel sehingga cadangan naik 100% dari 4 miliar barel menjadi 8 miliar barel,” ungkap Gde.


Artinya jika ada tambahan 4 miliar barel lagi maka cadangan minyak Indonesia bisa bertambah 10 tahun lagi. Gde menambahkan, Indonesia saat ini memiliki 60 cekungan sedimen tersier dimana cekungan tersebut diperkirakan berisi timbunan minyak.


“Dari 60 cekungan sedimen tersebut saat ini 16 cekungan sudah berproduksi, 9 cekungan sudah ada discoveries namun dibutuhkan eksplorasi tambahan untuk bisa dikembangkan, 13 cekungan sudah dibor tapi belum ada discovery, buruh eksplorasi lanjutan dan ada 22 cekungan belum dibor,” tutupnya.


(rrd/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







RI Masih Punya Potensi Cadangan Minyak Baru 43,7 Miliar Barel

No comments:

Post a Comment