Thursday, February 20, 2014

Jakarta Monorail Dituduh Tak Punya Uang, Kontraktor China Angkat Bicara



Jakarta -Kegiatan konstruksi belum terlihat sejak groundbreaking monorel Jakarta Oktober 2013, muncul anggapan PT Jakarta Monorail (JM) tak punya modal. Masalah ini ditanggapi oleh pihak kontraktor monorel Jakarta yaitu China Communications Construction Company Ltd, (CCCC) asal China.

“Komitmen kami tidak berubah sejak kami menyepakati untuk bekerjasama dengan PT Jakarta Monorail untuk membangun proyek monorel. CCCC menyesali tuduhan tanpa disertai fakta yang jelas mengenai ketidakmampuan financial kami ataupun PT JM,” kata Perwakilan CCCC Fan Yi Feng dalam acara konferensi pers, di Gedung @41 di Jalan Teluk Betung Jakarta, Jumat (21/02/2014).


Pihak CCCC menegaska akan tetap bekerjasama dengan PT Jakarta Monorail menyelesaikan proyek monorel Jakarta.


“Dengan Ini CCCC menyatakan akan menghormati dan menjalani kewajian kami sesuai dengan kesepakatan dengn PT JM hingga proyek Jakarta Monorel terealisasi dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” katanya


Seperti diketahui, pada tanggal 3 Oktober 2013, PT JM dan CCCC perusahaan kontaktor China terbesar di dunia ini telah menandatangani kontrak turn key senilai US$ 1,5 miliar untuk penyelesaian proyek Jakarta Monorail yang dilakukan dihadapan Presiden SBY dan Presiden China Xi Jinping di Jakarta.


Selain itu pada tanggal 2 Agustus 2013, SMRT International Pte. Ltd, Operator transportasi MRT di Singapura telah resmi masuk sebagai pemegang sahanm tidka langsung PT JM melalui kepemilikan saham di Ortus Infrastructure Capital Ltd.



(wij/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Jakarta Monorail Dituduh Tak Punya Uang, Kontraktor China Angkat Bicara

No comments:

Post a Comment