Wednesday, February 19, 2014

Orang Kaya RI Banyak Kumpul di Jawa



Jakarta -Pemerintah mengakui pertumbuhan ekonomi di Indonesia belum merata, dan masih berpusat di Pulau Jawa. Pemerataan ekonomi masih belum terjadi, yang terlihat dari timpangnya ekonomi antara Indonesia bagian barat dan timur.

“Itu konsentrasi dari orang kaya yang terbesar di Jawa. Konsentrasi berarti jumlah,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alishjabana di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2014)


Akan tetapi, bukan berarti di wilayah timur seperti Papua tidak ada orang kaya. Ada orang kaya di wilaya tersebut, namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan Jawa.


“Tidak berarti tidak ada begitu orang kaya yang juga di sana. Orang timur juga banyak, tapi konsentrasi di Jawa,” sebutnya


Ini pun juga yang menurut Armida membuat kemiskinan antar wilayah timpang. Jumlah masyarakat miskin di kawasan timur lebih banyak dibandingkan dengan Jawa dan wilayah Indonesia bagian barat lainnya.


“Kan pemerataan ekonomi itu berdampak ke kemiskinan,” ujar Armida.


Armida menuturkan beberapa langkah untuk bisa mewujudkan pemerataan eknomi. Dia meminta agar 20% dari pendapatan orang kaya bisa diinvestasikan kembali di Indonesia timur.



(mkl/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Orang Kaya RI Banyak Kumpul di Jawa

No comments:

Post a Comment