Monday, March 31, 2014

Pilot Lufthansa Mogok Kerja, 3.800 Penerbangan Dibatalkan



Frankfurt -Maskapai penerbangan terbesar Jerman, Lufthansa, memprediksi ada sekitar 3.800 penerbangan yang terpaksa dibatalkan gara-gara aksi mogok pilot-pilotnya. Sebanyak 425 ribu penumpang bisa terlantar.

Aksi mogok ini diperkirakan berlangsung mulai Rabu 2 Maret sampai Jumat 4 Maret 2014. Meski demikian, sebanyak 500 penerbangan jarak dekat dan jauh masih akan dilayani oleh Lufthansa dan Germanwings.


“Akibat dari mogoknya serikat pilot, sekitar 3.800 penerbangan terpaksa dibatalkan mulai Rabu, Kamis, dan Jumat,” kata Lufthansa dalam keterangan tertulis yang dikutip AFP, Selasa (1/4/2014).


Perusahaan asal Jerman itu berencana menyebar kabar tersebut kepada seluruh calon penumpangnya melalui SMS dan email.


Jalur penerbangan yang ditutup itu, terutama di Jerman dan Eropa, akan diambil alih sementara oleh kelompok usaha Lufthansa, yaitu Eurowings, Lufthansa CityLine dan Air Dolomiti. Para pilot di maskapai itu tidak ikut aksi mogok.


Jadwal penerbangan tidak hanya mengganggu pesawat komersial, layanan kargo Lufthansa Cargo juga akan mengalami gangguan, yaitu batal 23 dari total 31 penerbangan dari Frankfurt.


Serikat pilot yang dikenal dengan nama Cockpit itu awalnya berencana mogok pekan lalu, hanya satu hari setelah Lufthansa terpaksa membatalkan 600 peenrbangan gara-gara aksi mogok pekerja lapangan, pengurus bagasi, bagian perawatan pesawat di bandara utama Jerman.


Aksi mogok ini dilakukan para pilot demi kenaikan gaji dan tunjangan tambahan bagi penerbangan yang hampir masuk masa pensiun.


Akibat aksi mogok ini, Lufthansa memperkirakan hilangnya pemasukan hingga 10 juta euro (Rp 130 miliar) dalam tiga hari ke depan.


(ang/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







Pilot Lufthansa Mogok Kerja, 3.800 Penerbangan Dibatalkan

No comments:

Post a Comment