Sunday, March 23, 2014

Hasil MotoGP Qatar: Rossi Runner-up, Kalah 0,259 dari Marquez

















Bisnis.com, JAKARTA – Valentino Rossi (Movistar Yamaha) sukses mengulangi performanya di seri perdana Qatar dengan naik podium sebagai  runner-up pada balapan yang digelar Minggu malam (23/3/2014) pukul 22:00 waktu setempat atau Senin dini hari tadi (24/3/2014) pukul 02:00 WIB.


Ini persis seperti pencapaiannya pada musim balap MotoGP 2013 dengan menjadi runner-up mendampingi Jorge Lorenzo sebagai juara, dan Marc Marquez (Repsol Honda) di posisi 3.


Bedanya, yang menjadi juara dini hari tadi adalah Marquez, sedangkan juara 3 Dani Pedrosa, rekan setim Marquez.


Kinerja itu tak pelak membuat Rossi girang karena harus memulai balapan dengan posisi start 10 atau row (baris) keempat.


Suskes Rossi tak lepa dari perjudiannya untuk mendatangkan Silvano Galbusera sebagai teknisis.   Galbusera  dikenal piawai untuk mengulik jeroan elektronik motor Super Bike–tandingan MotoGP.


“Saya membuat perjudian dengan mendatangkan dia dan itu terbukti berhasil,” ujarnya seperti dikutip Motogp.com.


Rossi menegaskan motornya sudah kompetitif untuk menandingi Marquez. “Saya mampu menandingi Marquez, namun di lebih kuat dari saya,” lanjut Rossi.


Kalim Rossi itu bukan sekada ispan jempo, karena The Doctor sempat memimpin pada lap 10,11,12, dan 13.


Kemudioan pada Lap 18 hingga Lap 20 terlibat pertarungan sengit dengan Marquez. Berikut ini analisis persaingan Rossi—Marquez dari  lap ke lap berdasarkan data dari motogp.com.


Lap 1- Lap 4


Start Marquez kurang mulus karena Stefan Bradl (LCR Honda GP) yang start di posisi 6 justru menjadi terdepan ketika menyetuh garis finish di lap 1.


Posisi podium atau tiga besar adalah Stefan Bradl (LCR Honda GP)—Marc Marquez (Repsol Honda)—Bradley Smith (Monster Yamaha Tech3). Posisi ini bertahan hingga lap 4.


Sementara itu, Valentino Rossi menjalani start mulus dengan langsung menyodok ke posisi 6 dari start posisi 10.


Ironisnya, rekan setimnya Jorge Lorenzo kandas di awal lomba karena hanya menggeber motornya selama 1:29,571 (1 menit 29,571 detik) dan harus menyingkir dari lomba karena terjatuh menjelang akhir lap1.


Pada lap 2 Rossi berhasil menempati posisi ke-4 dengan menyalip Andrea Dovizioso (Ducati), sementara Bradley Smith melorot di peringkat terbelakang,sehingga memuluskan jalan Rossi.


Lap 3, Rossi disalip Alvaro Bautista yang menggernya Rossi  ke-5 dan formasi itu tak berubah hingga lap 4.


Lap 5


Bautista berhasil merengsek ke posisi 3 dengan menyalip Smith sehingga formasi podium menjadi  Stefan Bradl—Marc Marquez—Alvaro Bautista, sementara Rossi masih di posisi 5.


Lap 6


Bautista kembali beraksi dengan menyalip Marquez, sehingga formasi Podium menjadi Stefan Bradl—Alvaro Bautista—Marc Marquez.


Di tengah persaingan antara Bautista dan Marquez, Rossi berhasil menyodok di posisi ke-4.


Lap 7


Rossi mencuri posisi ke-3 ketika Marquez,Bautista,Smith berebut posisi. Formasi Podium menjadi Stefan Bradl—Marc Marquez—Valentino Rossi


Lap 8


Rossi berhasil menyalip Marquez, sehingga posisi podium menjadi Stefan Bradl—Valentino Rossi—Marc Marquez. Rossi unggul 0,255 detik saat menyentuh garis finis di lap 8 ini.


Lap 9


Lap ini diwarnai insiden dramatis ketika Bradl yang memimpin di depan terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan.


Momentum ini membawa Rossi di posisi terdepan. Formasi podium menjadi Valentino Rossi—Marc Marquez—Bradley Smith.


Lap 10—Lap 13


Dani Pedrosa (Repsol Honda) berhasil menyalip Smith, sehingga formasi podium menjadi Valentino Rossi—Marc Marquez—Dani Pedrosa.


Formasi tersebut bertahan hingga lap 13.


Lap 14—Lap 22 (Duel seru Rossi vs Marquez)


Marquez berhasil menyalip Rossi pada lap 14 sehingga formasi podium menjadi Marc Marquez—Valentino Rossi—Dani Pedrosa. Marquez unggul tipis 0,113 detik dari Rossi.


Formasi itu bertahan hingga finish di lap 22 dengan Marquez menjadi juara, Rossi runner up dan Pedrosa juara 3.


Jarak Marquez dengan Rossi sepanjang 15 lap terakhir sangat ketat, yaitu 0,113 detik  (lap 14), 0,117 detik (Lap 15), 0,125 detik (Lap 16), bahkan keduanya menyentuh garis finish hamir sejajar di lap 17 ketika Marquez hanya unggul tipis 0,058 detik.


Marquez sempat menjauh dari Rossi  dengan unggul 0,215 detik pada akhir lap 18).


Akan tetapi, pada lap 19 Rossi kembali memberikan perlawanan karena Marquez hanya unggul tipis 0,023 saat kedua pebalap secara sejajar menyentuh garis finish di lap 19.


Pada Lap 20, Rossi kembali terlibat duel dengan Marquez. Kedua pebalap menyentuh garis finish sejajar dan Marquez hanya unggul 0,006 detik dari Rossi.


Duel Rossi—Marquez terus berlangsung sengit pada Lap 21, namun jarak keduanya mulai merenggang saat Marquez unggul 0,188 detik saat menyentuh garis finish di lap 21.


Pada lap terakhir atau Lap 22, Rossi akhirnya menyerah dengan 0,259 detik di belakang Marquez.


Hasil MotGP Qatar Senin Dini hari 24 Maret 2014 (WIB)


Sumber: Motogp.com



Editor : Sutarno
















Mau dapat Mobil Daihatsu Ayla? Ikuti Bisnis Indonesia Writing Contest 2014. Klik caranya disini.





Hasil MotoGP Qatar: Rossi Runner-up, Kalah 0,259 dari Marquez

No comments:

Post a Comment