<!–TITOL:

Merkel Menang, Jalan Berliku Menghadang …


FITITOL–>




FXstreet.web.id – Jajak pendapat tanpa ragu dengan memilih partai CDU/CSU Merkel menjadi pemenang dalam pemilu Jerman, menang atas 42,5% suara, namun, masih ada beberapa ketidakpastian.

Seperti situasi saat ini, tampak bahwa harapan Merkel memerintah ‘solo’ akan tetap merupakan impian, dan realitasnya adalah bahwa mereka harus mencari koalisi besar dengan Partai Sosial Demokrat – diperkirakan telah memenangkan 26% – setelah partai liberal favorit Merkel – FPD – gagal untuk mendapatkan suara yang cukup untuk membuatnya menjadi parlemen, sehingga menempatkan Program pro-otoriter Merkel di Uni Eropa yang ideal dalam bahaya.


Hambatan lain untuk Merkel adalah bahwa anti-Euro Jerman AFD mendapatkan lebih dari 5% suara, hasil masih terlalu dekat untuk dipastikan, 4,8/4,9% pendapat ZDF terakhir. Jika anti-Euro AFD memasuki parlemen, sebuah “Koalisi Beasr” adalah hasil yang paling mungkin, sebagai referensi sejarah, memerlukan pembentukkan sekitar 3 minggu pada tahun 2005.


Dalam editorial pemilu pertama yang diposting di Spiegel Online, kepala biro Berlin Roland Nelles menulis, “Merkel adalah pemenang … Jerman kini pastinya menjadi wilayah Angela Merkel.”


Namun, seperti catatan Darly Lindsey dari Siegel: “Merkel menghadapi tantangan yang signifikan, karena mayoritas mutlak belum dikonfirmasi dan pemerintahan koalisi besar dengan Partai Sosial Demokrat juga menimbulkan sejumlah masalah”


Kembali ke Nelles, yang menambahkan: “Dalam sebuah koalisi besar, ia harus memerintah dengan SPD yang dipermalukan, yang ingin melakukan apa saja yang berbeda. Kemudian, SPD yang melakukan pekerjaan dan Merkel yang mendapat nama.”


Sebagai catatan Nelles, kali ini, “Sigmar Gabriel pemimpin SPD dan rekan-rekannya akan menjadi oposisi dalam pemerintahan dari awal. Aliansi ini akan menjadi goyah dari hari pertama. Merkel bisa menikmati kemenangan ini, tapi masalah sudah menunggunya. Krisis euro akan kembali ke permukaan.”


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **