Monday, May 4, 2015

Menhub Jonan Targetkan Setoran ke Kas Negara Rp 50 T, Naik 14 Kali Lipat



Jakarta -Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menargetkan setoran atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor transportasi di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) capai Rp 50 triliun pada 2019. Angka ini naik drastis dari target 2015 yang sebesar Rp 3,5 triliun atau naik 14 kali lipat dalam 5 tahun.

“PNBP Rp 50 triliun pada tahun 2019. Kalau 2014 sebesar Rp 2 triliun. Tahun 2015 senilai Rp 3,5 triliun namun kita angankan Rp 10 triliun,” kata Inspektur Jenderal Kemenhub Cris Kuntadi yang mewakili Menhub Jonan di Gedung BPK, Jakarta, Senin (4/5/2015).


Acara ini merupakan laporan keuangan Kemenhub Triwulan I-2015 yang disampaikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Kegiatan yang berlangsung tertutup ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan.


Menurut Cris, target tersebut juga disampaikan oleh Menhub Jonan saat menyambangi pimpinan BPK sore ini. Untuk mencapai target tersebut, Kemenhub melakukan berbagai cara seperti mengubah pendekatan dalam mengelola pelabuhan, sekolah hingga bandara yang dahulu sebagai beban menjadi Badan Layanan Umum (BLU) yang mampu menjadi pemasukan untuk kas negara.


“Mereka melihat pelabuhan dikelola Pelindo dan bandara dikelola Angkasa Pura di sana bisa jadi profit center. Kenapa bandara dan pelabuhan dikelola Kemenhub diubah dari cost center yang keluar uang menjadi BLU,” ujarnya.


Meski mengejar setoran PNBP, Kemenhub akan mengembalikan dana yang diperoleh untuk perbaikan dan peningkatan pelayanan di sektor transportasi.


“Kami siapkan bandara dan pelabuhan dengan standar bagus. Difabel saja bisa dilayani. Semua bandara dilengkapi garbarata, AC serta ada smoking dan non smoking room,” katanya.



(feb/hen)






Menhub Jonan Targetkan Setoran ke Kas Negara Rp 50 T, Naik 14 Kali Lipat

No comments:

Post a Comment