Monday, May 4, 2015

Ikut Program DP KPR 1%, Paling Lama 3 Bulan Kredit Bisa Cair


Jakarta -Program KPR subsidi dengan uang muka (DP) 1% menjadi angin segar bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Namun pihak bank penyelenggara program ini, yaitu Bank Tabungan Negara (BTN) memperketat proses seleksi para MBR yang berhak ikut program.

“Ada pengetatan nasabah yang mengajukan KPR dengan fasilitas DP 1%. Proses seleksi nasabah tetap sama dengan KPR reguler, paling cepat sebulan dan paling lama 3 bulan setelah pengajuan,” kata Sekretaris Perusahaan BTN Eko Waluyo kepada detikFinance, Senin (4/5/2015).


Eko menerangkan dalam proses pengajuan berkas dokumen KPR, survei, hingga wawancara nasabah, pihaknya tidak membedakan nasabah yang ikut program uang muka hanya 1% dan nasabah KPR reguler. Namun untuk calon nasabah DP KPR 1% ada pemeriksaan berkas yang lebih detil untuk memastikan bahwa nasabah yang diberikan kredit yang berhak.


Ia mengakui tahap penyaringan calon nasabah yang memakan waktu lebih lama di kantor cabang BTN setempat. Eko menampik program ini sepi peminat dari masyarakat yang sedang mencari rumah.


“Ini sudah berjalan satu bulan. Memang ada beberapa kendala. Itu hanya kesalahan informasi yang belum tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, karena ini sudah berjalan di semua kantor cabang (BTN),” katanya.


Eko mengatakan sebagian besar kredit masih disalurkan di Pulau Jawa. “Sekitar 45%-50% fasilitas kredit (uang muka 1%) masih di Jawa. Sisanya tersebar di wilayah lainnya, karena pertumbuhan kantong-kantong perumahan baru masih didominasi Jawa” terang Eko.


Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Eddy Ganefo mengungkapkan, seharusnya bank bisa lebih cepat proses pengajuan kredit. Menurut Ganefo, dengan uang muka hanya 1%, membuat pihaknya kesulitan dalam menjaga likuiditas arus kasnya.Next



(hen/hen)





Ikut Program DP KPR 1%, Paling Lama 3 Bulan Kredit Bisa Cair

No comments:

Post a Comment