<!–TITOL:

Sekilas Valas: Support Euro Berasal Dari Pengurangan Kebuntuan Italia – BTMU


FITITOL–>


FXstreet.web.id – Lee Hardman, analis FX di Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ mencatat bahwa euro menurunkan support dari pengurangan ketidakpastian politik di Italia setelah pengumuman akhir pekan lalu bahwa kesepakatan telah dicapai untuk mengakhiri kebuntuan politik setelah hasil pemilihan yang tak meyakinkan dari tanggal 24 dan 25 Februari.

Dia melihat bahwa politisi dari partai kiri-pusat, kanan-pusat dan pusat telah sepakat untuk membentuk pemerintahan koalisi besar yang dipimpin oleh Enrico Letta. Mr Letta diharapkan untuk menetapkan program pemerintah baru mengenai reformasi kelembagaan dan ekonomi kepada parlemen hari ini menjelang penilaian kepercayaan di kedua dewan tersebut yang mana harus menang. Kabinet juga mencakup teknokrat di posisi kunci yang akan meningkatkan kredibilitasnya dengan investor seperti direktur jenderal Bank Italia Fabrizio Saccomanni yang dikenal sebagai menteri keuangan baru.


Hardman terus mencatat bahwa pemerintah baru mungkin akan dipandang menguntungkan dalam jangka pendek oleh pasar meskipun stabilitas dapat membuktikan hanya relatif sementara mengingat berbagai pandangan politik antara koalisi besar. Dia menulis, “berlangsung penyempitan risiko kredit premium negara zona euro tampaknya memiliki pengurangan dampak positif pada euro karena yield obligasi pemerintah terus menormalkan pada anggota fiskal menantang. Membangun harapan pelonggaran moneter lebih lanjut dari ECB juga menimbang pada euro dengan ECB diperkirakan akan memotong suku bunga refi sebesar 0,25 poin pada pertemuan pekan ini dengan Presiden Draghi juga cenderung meninggalkan pintu terbuka untuk pelonggaran lebih lanjut ke depan.”


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **