Friday, April 5, 2013

Bantuan Alat Produksi Garam Mangkrak dan Berkarat  



TEMPO.CO, Pamekasan – Bantuan peralatan produksi garam rakyat dari Departemen Kelautan dan Perikanan RI untuk meningkatkan produktivitas garam di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mangkrak. Sebagian besar bahkan sudah rusak dan berkarat.



“Kami tidak tahu cara pakainya,” kata Rohim, 35 tahun, petani garam penerima bantuan peralatan tersebut di Kecamatan Galis, Pamekasan, Jumat, 5 April 2013. Bentuk alat tersebut seperti mesin penggilingan padi. Gunanya untuk menggiling garam dari tambak agar lebih halus, memisahkan dari kotoran lumpur, dan sekaligus mencampurnya dengan yodium.



Garam yang sudah diproses melalui alat itu harganya akan lebih mahal dibanding biasanya. Karena tidak tahu cara menggunakannya, petani membiarkan peralatan tersebut di pinggir tambak garam. Karena terpapar panas dan hujan, alat itu pun berkarat. Hanya sebagian alat yang dipakai petani. “Tidak ada pelatihan juga bagaimana pemakaian alat ini,” ujar Rohim.



Rohim dan petani lainnya mengaku sempat mencoba sendiri peralatan tersebut. Namun, tetap saja tidak bisa. Setelah tanya kanan-kiri, ternyata peralatan bantuan pemerintah tahun 2012 lalu itu tidak lengkap. Untuk bisa digunakan, perlu komponen pendukung lainnya. “Komponen pendukungnya ternyata mahal sekali. Kami tidak mampu beli, ya sudah dibiarkan saja,” kata Rohim lagi.



Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan, Nurul Widiastuti, membenarkan keluhan petani garam tersebut. Menurut dia, alat untuk meningkatkan produksi garam tersebut belum lengkap dan membutuhkan alat lain agar bisa digunakan. “Masalahnya, alat pendukungnya itu tidak murah. Pemda juga tidak berikan solusi,” katanya.



Nurul mengaku sudah pernah menyampaikan keluhan petani garam tersebut ke Dirjen Kelautan dan Perikanan sebagai pemberi bantuan. Namun, hingga kini belum ada kepastian. “Pihak Dirjen masih mengupayakan alat yang kurang itu melalui dana hibah, tapi belum ada kejelasan,” ujarnya.



MUSTHOFA BISRI



Topik terhangat:


Partai Demokrat | Agus Martowardojo | Serangan Penjara Sleman | Harta Djoko Susilo  |Nasib Anas



Berita terpopuler lainnya:


Penyerang Cebongan Anggota Kopassus 


U, Kopassus Pemberondong Tahanan LP Cebongan 


Anggota Kopassus Buang CCTV Lapas Cebongan ke Kali 


Ini Peralatan Kopassus yang Serbu Lapas Cebongan 


Serbu Cebongan, Tiga Anggota Kopassus Turun Gunung





Bantuan Alat Produksi Garam Mangkrak dan Berkarat  

No comments:

Post a Comment