<!–TITOL:

Pertemuan Eurogroup: Fokus Pada Siprus, Portugal dan Irlandia


FITITOL–>


FXstreet.web.id – Para menteri keuangan zona euro mengadakan pertemuan di Dublin hari ini di mana mereka akan membahas program bailout untuk Siprus dan kemungkinan perpanjangan pembayaran pinjaman untuk Portugal dan Irlandia. Mereka juga diharapkan untuk memikirkan kerangka rekapitalisasi perbankan langsung.


Topik utama pertemuan Eurogroup adalah Siprus. Para menteri keuangan zona euro akan membahas proposisi rancangan berbagai langkah yang harus diterapkan Nicosia dalam rangka memenuhi persyaratan bailout. Kenaikan pajak, pengurangan gaji dan pensiun, PHK di sektor publik dan pemotongan pengeluaran pada pelayanan dasar adalah salah satu proposisi.


Mengenai Portugal dan Irlandia, para menteri keuangan akan memutuskan apakah akan memberikan negara-negara tersebut tujuh tahun lagi untuk pembayaran pinjaman bailout. Kepala Eurogroup Jeroen Dijsselbloem mengatakan kepada wartawan kemarin bahwa ia mengharapkan sebuah keputusan positif hari ini.


Akhirnya, Eurogroup akan membahas rekapitalisasi bank secara langsung. Menurut laporan, negara-negara yang mengajukan permohonan untuk rekapitalisasi mungkin diharuskan untuk memberikan kontribusi antara 10% dan 20% dari dana tersebut. Hal ini juga akan dievaluasi sejauh mana ESM harus berpartisipasi dalam rekapitalisasi dan apakah itu harus dilakukan secara retroaktif.


** Ruang Berita FXstreet.web.id, FXstreet.com **