Tuesday, December 30, 2014

Penyelundupan Daging Celeng Melonjak 340%



Jakarta -Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementerian Pertanian (Kementan) merilis soal jumlah tangkapan daging celeng atau babi hutan. Tahun ini, upaya penyelundupan daging celeng melonjak 4 kali lipat lebih dibandingkan tahun lalu.

Kepala Sub Humas Barantan Kementan Arief Cahyono mengungkapkan jumlah tangkapan daging celeng selama 2014 sebesar 53.300 kg atau 53,3 ton. Jumlah ini meningkat hampir 340% dibandingkan tahun 2013 lalu yang hanya 12 ton.


“Khusus untuk daging babi hutan atau celeng, Karantina Pertanian telah berhasil mencegah tangkal peredarannya sebanyak 29 kali jumlah 53.300 kg,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Selasa (20/12/2014).


Penangkapan dan penangkalan daging celeng dilakukan di UPT Penyeberangan Bakauheni (Lampung) dan Cilegon (Banten). Kemudian Barantan melaksanakan kegiatan pemusnahan dari hasil tangkapan di wilayah-wilayah seperti Dumai, Tanjung Balai Asahan, Tanjung Balai Karimun, Batam, Belawan serta di daerah penyeberangan Bakauheni dan Cilegon.


Arief memperkirakan masih banyak daging celeng yang merembes ke pasar Jakarta dan sekitarnya.


“Hal tersebut disebabkan karena terdapatnya sekitar 200-an pelabuhan-pelabuhan kecil yang belum terpantau secara optimal baik oleh petugas karantina maupun oleh aparat keamanan,” katanya.


Selain daging celeng, dalam kurun waktu tahun 2014 telah dilakukan tindakan pemusnahan terhadap media pembawa yang tidak memenuhi persyaratan berupa buah dan sayuran segar antara lain: bawang putih, bawang merah, dan bawang Bombay dengan nilai ekonomi sebesar Rp 404.581.075. Kemudian bahan asal hewan seperti daging (sapi, ayam, kerbau,) sosis serta komoditas lainnya dengan nilai total keekonomian Rp 8.266.542.500.


“Untuk meminimalkan terjadinya pemasukan berbagai komoditas illegal, dilakukan kerjasama dengan berbagai aparat pengawas/penegak hukum melalui operasi bersama dan tukar menukar informasi intelijen,” jelasnya.



(wij/hen)






Penyelundupan Daging Celeng Melonjak 340%

No comments:

Post a Comment