Wednesday, May 28, 2014

CT Berharap Wisatawan Tujuan Thailand Bisa Beralih ke Indonesia



Jakarta -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bergerak cepat terkait upaya mendorong masuknya turis asing ke Indonesia di saat krisis politik Thailand sedang berlangsung.

Meskipun CT menegaskan posisi Indonesia sebagai negara sahabat cukup prihatin dengan kondisi internal di Negeri Gajah Putih tersebut.


“Kita berharap proses demokrasi segera dipulihkan. Di sisi lain, ada imbauan dari negara-negara agar turis tak datang ke Thailand. Kita berharap dia tetap datang ke ASEAN, tapi datangnya ke Indonesia,” kata CT di Kantor Apindo, Rabu (28/5/2014)


Menurutnya Indonesia punya peluang kedatangan para wisatawan lebih banyak terkait kondisi di Thailand.


“Saya meminta itu baik pejabat pemerintah pusat, Kemenparekraf dan pemda serta pengusaha di bidang pariwisata manfaatkanlah kesempatan ini sebesar-besarnya untuk kita bisa menampung turis dari Thailand,” katanya.


CT mengatakan para wisatawan dari Tiongkok yang merupakan penyumbang terbesar wisatawan ke Thailand, bisa masuk ke Indonesia. “Ini yang kita harapkan walapun kita prihatin,” katanya.


Krisis politik Thailand tak hanya berdampak positif buat Indonesia, namun di sisi lain berdampak negatif misalnya di sektor pertanian karet. Indonesia dan Thailand merupakan salah satu produsen karet terbesar dunia.


Dampak krisis politik Thailand membuat anjloknya harga karet dunia beberapa bulan terakhir.


Anjloknya harga jual karet dunia ini merugikan petani Indonesia. Harga karet dunia kini anjlok hanya US$ 1,6/kg atau Rp 16.000/kg dari harga normalnya yang bisa mencapai US$ 5,7 atau Rp 57.000/kg.


Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi menjelaskan Thailand merupakan salah satu negara produsen karet terbesar di dunia. Akibat krisis politik di Thailand, program subsidi petani atau farmer support programme (termasuk karet) yang merupakan kebijakan dari Perdana Menteri Yingluck Shinawatra resmi dihentikan.


(rrd/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!







CT Berharap Wisatawan Tujuan Thailand Bisa Beralih ke Indonesia

No comments:

Post a Comment