Tuesday, April 28, 2015

Mahasiswa Mimpi Usaha Kos-kosan, Bisakah?



JakartaPertanyaan: Nama saya Bagas, saya mahasiswa dengan uang saku Rp 1,5 juta tiap bulan. Saya ingin membuat usaha kos-kosan, apa bisa saya mendapatkan modal usaha dari berutang ke bank? Kalau saya meminjam uang senilai Rp 100 juta apakah ini aman untuk saya? Uang dari hasil sewa saya gunakan untuk menyicil terima kasih

Jawaban: Mas Bagas, terima kasih untuk pertanyaannya. Senang sekali membaca pertanyaan Anda karena sebagai mahasiswa sudah punya jiwa untuk berusaha dan berinvestasi.


Saat ini, pengajuan kredit usaha ke bank harus melalui berbagai ketentuan dan persyaratan. Di antaranya adalah syarat bahwa bisnis tersebut sudah harus berjalan minimal selama 2 tahun.



Apabila saya diminta menganalisa kondisi Anda, yang mana usaha tersebut baru akan dirintis, maka proses untuk mendapatkan kredit modal kerja dari bank bisa dikatakan tidak mudah. Ditambah lagi, Anda belum berpenghasilan tetap, sehingga belum ada sumber dana untuk membayar pinjaman.


Alternatif yang dapat dilakukan adalah minta bantuan pihak orang tua mengambil pinjaman ke bank, di mana dananya diberikan kepada Anda untuk dikelola sebagai modal usaha kos-kosan.



Jika pinjaman sebesar Rp 100 juta selama durasi 5 tahun dikenakan bunga flat sebesar 10% per tahun, maka cicilan pinjaman yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 2,5 juta per bulan. Dengan demikian, pemasukan dari sewa kos setidaknya harus mencapai Rp 3,5 juta per bulan dikarenakan adanya biaya operasional.


Namun, risiko tetap ada, apabila pemasukan dari uang sewa ternyata tidak seperti yang diharapkan. Apabila hal ini terjadi, maka dengan sangat terpaksa Anda harus merelakan sebagian dari uang saku untuk membayar pinjaman atau kembali meminta bantuan orang tua.


Alternatif lain untuk berinvestasi adalah membeli produk keuangan seperti reksa dana. Anda dapat dengan mudah menyisihkan minimal Rp 100 ribu setiap bulan ke reksa dana pilihan. Nanti, saat Anda sudah lulus kuliah, maka dana investasi dapat menjadi modal awal untuk membangun usaha kos-kosan.



Anda juga dapat menambah modal dengan bantuan pinjaman, di mana dengan adanya penghasilan, maka dapat diajukan atas nama sendiri. Selamat mencoba. Live a Beautiful Life!


(dnl/dnl)






Mahasiswa Mimpi Usaha Kos-kosan, Bisakah?

No comments:

Post a Comment