Thursday, July 25, 2013

Badan Valuta Asing Tiongkok: Belum Ada Gejala Penarikan Modal ... - China Radio International



XINHUA: Penanggungjawab badan terkait Badan Valuta Asing Negara Tiongkok kemarin (22/7) menyatakan, hingga saat ini belum ada tanda-tanda penarikan modal asing secara inisiatif maupun kolektif di Tiongkok. Di tengah lingkungan yang sarat ketidakpastian dan instabilitas saat ini, modal lintas wilayah di Tiongkok pada paruh kedua tahun ini diperkirakan akan cenderung seimbang pada pokoknya.


Penanggungjawab terkait mengatakan, investasi langsung pengusaha asing FDI dan modal lintas wilayah tetap menunjukkan peningkatan. Pada bulan Juni lalu, jumlah modal FDI yang masuk tercatat US$11,9 miliar, berarti naik 14 persen dibanding bulan Mei lalu. Investasi surat berharga tercatat US$1,5 miliar yang berarti mengalami kenaikan 2,5 kali lipat dibandingkan bulan Mei lalu.


Penanggungjawab tersebut juga menambahkan, pada paruh kedua tahun ini, ekonomi global diperkirakan masih tidak akan banyak berubah. Keadaan pertumbuhan tetap lamban dan kebutuhan eksternal secara keseluruhan melesu. Persaingan dagang internasional semakin sengit, mengakibatkan ekspor Tiongkok menghadapi tekanan yang relatif besar.





Badan Valuta Asing Tiongkok: Belum Ada Gejala Penarikan Modal ... - China Radio International

No comments:

Post a Comment