Sunday, June 14, 2015

Ini 6 Rute LRT Jabodetabek yang Dibangun Adhi Karya



Jakarta -PT Adhi Karya (Persero) tahun ini akan membangun proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek. LRT tersebut akan mencakup 6 rute (trase) mengelilingi wilayah Jabodetabek.

Sekretaris Perusahaan PT Adhi Karya (Persero) Ki Syahgolang Permata menuturkan keenam trase tersebut sudah tercantum di dalam Rencana Umum Jaringan Jalur Kereta Api pada kawasan Jabodetabek tahun 2014-2030 sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub)No. 54 tahun 2013.


“Penugasan tersebut adalah pembangunan transportasi massal LRT dengan trase Cawang–Cibubur, Cawang–Kuningan–Dukuh Atas, Cawang–Bekasi Timur, Dukuh Atas–Palmerah Senayan, Cibubur–Bogor, dan Palmerah–Grogol,” tutur Syahgolang dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Minggu (14/6/2015).


Ia juga menjelaskan jalur dan stasiun LRT akan menggunakan jalur tepi jalan tol yang telah mendapatkan izin prinsip dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor TN.13.03 – Mn/408 tanggal 19 Mei 2015. Model pembangunannya adalah elevated dengan ketinggian antara 9- 12 meter di atas permukaan tanah dengan menggunakan system konstruksi precast. Precast akan diproduksi oleh anak perusahaan yaitu PT Adhi Persada Beton (APB).


Elevated System tersebut tidak mengganggu ketentuan ruang terbuka hijau, dengan tetap berfungsi sebagai ruang hijau (bertanaman),” tambahnya.


Menurut rencana, dari keenam trase tersebut pembangunannya akan dibagi menjadi 3 tahap. Pembangunan LRT tahap I akan menghubungkan Bekasi Timur- Cawang–Kuningan–Dukuh Atas, Cibubur-Cawang yang dimulai dibangun Agustus 2015. Sedangkan pembangunan tahap II menghubungkan jalur Cibubur–Bogor, Dukuh Atas–Palmerah–Senayan dan tahap III jalur Palmerah-Grogol.


Sementara itu detail design pembangunan di tahap I sedang dilaksanakan dan diharapkan selesai pada akhir Juli 2015 dan roses financial diharapkan tuntas pada minggu pertama bulan Agustus 2015. Adapun untuk tahap II dan III akan diselesaikan baik dari segi detail design, financial pada September 2015.



(wij/hen)






Ini 6 Rute LRT Jabodetabek yang Dibangun Adhi Karya

No comments:

Post a Comment