Thursday, March 5, 2015

Tips dari Mantan Sopir Angkot yang Sukses Jadi Pengusaha: Jangan Takut Gagal



Jakarta -Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2015-2018 Bahlil Lahadalia banyak terinspirasi dari sang ayah untuk jadi pengusaha sukses dari titik nol. Sang ayah yang hanya buruh bangunan mengajarkan soal kerja keras dan prinsip tak mudah menyerah.

“Yang menginspirasi saya untuk tetap bekerja keras itu adalah ayah saya. Ayah saya tidak sekolah, dalam keadaan sakit pun dia bekerja untuk menghidupi kami,” kata Bahlil dalam wawancara khusus dengan detikFinance di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (4/3/2015).


Menurut Bahlil, kunci sukses dirinya sebagai pengusaha adalah gabungan dari berbagai sikap, keputusan, dan semangat. Modal uang hanya nomor ke sekian untuk menjadi pengusaha sukses.


“Pertama gagasan yang cerdas, jaringan yang baik. Dan harus kerja keras yang kuat. Tentang modal uang segala macam, kalau punya modal itu keluar dengan sendirinya,” kata Bahlil, yang pernah menjadi kondektur dan sopir angkot.


Selain itu, karakter dasar atau sifat seseorang pun bisa menjadi modal untuk sukses. “Saya suka spekulasi. Spekulasi saya terlalu tinggi dan saya suka mengambil tantangan besar. Suka sesuatu yang menantang,” katanya.


Bahlil menyebutkan, seorang pengusaha sejati tak hanya melulu berpikir sukses, namun harus juga siap dengan kegagalan. Kegagalan bagi seorang pengusaha menjadi wajib agar bisa belajar dan lebih baik.


“Investasi pertambangan pernah gagal, tapi habis itu sukses. Jangan jadi pengusaha kalau takut gagal. Jangan untungnya saja mau tapi gagalnya nggak. Tak ada orang hebat langsung jadi sukses,” tegas Bahlil.


Contoh kegagalan yang pernah dialaminya adalah pernah ditipu hingga miliaran rupiah. “Kalau pengusaha punya omzet di atas Rp 50 miliar itu pasti pernah ditipu orang. Saya pernah tertipu puluhan miliar. ‎Tidak usah dijelaskan, cukup fantastis lah bahasanya,” ungkap Bahlil.


Bahlil berpesan setiap kegagalan yang sudah dialami menjadi pelajaran, dan tak usah lagi dipikirkan dan diingat. “Cukup sakitnya itu di sini. Begini ya,” katanya.


(hen/hds)






Tips dari Mantan Sopir Angkot yang Sukses Jadi Pengusaha: Jangan Takut Gagal

No comments:

Post a Comment